Sabtu, 26 Mei 2018

Prososial dalam Internet


Prososial
Prososial adalah segala perilaku yang bertujuan untuk menguntungkan orang lain. Dampak positifnya jelas untuk membantu bagi yang membutuhkan bantuan serta menguntungkan bagi yang dibantu maupun yang membantu (jika yang membantu memiliki tujuan pribadi), perilaku prososial bisa disebabkan oleh altruisme, yaitu perilaku untuk membantu orang lain walaupun membutuhkan biaya atau perngorbanan. Dampak negatif dari prososial mungkin ada pada saat orang yang membantu memerlukan biaya yang banyak dan pengorbanan yang besar, atau ketika seseorang ingin menyelamatkan anak yang terjebak di gedung yang sedang terbakar, orang tersebut bisa saja ikut terjebak didalam pada saat menyelamatkan anak itu, terlebih lagi meskipun anak tersebut bisa diselamatkan, pasti setidaknya orang yang menyelamatkan terkena luka bakar, ataupun sesak nafas karena menghirup banyak asap.

Contoh kasus prososial dalam internet:
Contoh  prososial yang paling sering adalah sumbangan untuk membantu penderita kanker, situs-situs penerima donasi seperti gofundme.com atau situs lokal seperti kitabisa.com terbukti sudah membantu banyak orang yang membutuhkan. Situs crowdfunding dan fundraising seperti inilah yang memfasilitasi prososial dalam internet. Contoh kasusnya pernah ada seorang anak yang menjadi meme terkenal di internet, dan ayah dari anak tersebut sedang mengalami penyakit ginjal, kemudian dibuatlah sumbangan untuk membantu operasi ayahnya, karena anak tersebut terkenal dan pernah menjadi meme di internet, maka sumbangan yang masuk tergolong cepat dan sudah mencukupi untuk biaya operasi.




Sumber : https://www.usatoday.com/story/news/nation-now/2015/04/16/success-kid-meme-boy-gofundme-account-dads-kidney-transplant/25866103/

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More